Rabu, 18 Mei 2011

SIM menggunakan Teknologi Cip



Pasti teman-teman tahu apa kepanjangan dari SIM? SIM adalah Surat Izin Mengemudi. Awal abad 21 ini SIM mulai menggunakan teknologi cip atau disebut dengan SIM Smart yang direkomendasikan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bersama Polri yang menghadirkan inovasi baru. Teknologi itu diharapkan dapat mempermudah pengendara kendaraan bermotor saat melakukan pembayaran denda lalu lintas. SIM Smart berfungsi sebagai mesin melalui (Electronic Data Capture) EDC sebagai alat bayar titipan denda tilang yang dibawa petugas penindakan di lapangan, selain itu juga bisa driving license.


Fungsi ganda tersebut membuat SIM Smart sangat praktis bagi pengendara kendaraan bermotor. Keuntungan lain, SIM Smart mempercepat proses pembayaran denda karena dapat digunakan langsung di lokasi penilangan melalui mesin EDC yang dibawa petugas penindakan. Aman dan praktis saat pembayaran denda tilang, masyarakat cukup menggunakan saldo uangnya dengan mengakses cip yang ada pada SIM Smart sehingga masyarakat tidak perlu membawa uang tunai.


SIM Smart dapat dimiliki dengan mengikuti prosedur aplikasi SIM Smart di kantor pelayanan SIM setempat. Prosedur awalnya seperti mendapatkan SIM pada umumnya, yaitu mengisi formulir pendaftaran, mengikuti tes teori dan praktik serta mengikuti proses pemotretan. Namun, khususnya untuk SIM Smart ada prosedur tambahan, yakni mengaktifkan SIM Smart di BRI.


Pengisian saldo SIM Smart dapat dilakukan secara tunai dari kartu debit BRI atau kartu debit bank lain. Adapun perubahan kartu dari SIM biasa ke SIM Smart dan tidak dikenai biaya. Para pemegang SIM dapat melakukan penggantian SIM Smart pada saat perpanjangan SIM. Cara pengaktifannya akan diberi petunjuk atau panduan dari petugas bank dengan pengaktifan SIM Smart dan menganjurkan pemegang SIM untuk mengisi saldo ke dalam SIM Smart.


Ditargetkan, seluruh pemegang SIM di wilayah kerja Polda Metro Jaya akan dapat menggunakan SIM Smart. Kedepan dimungkinkan SIM Smart ini dapat dipergunakan untuk transaksi di SPBU, parkir, minimarket dan lain-lain. Sekarang dari teman-teman semua apakah akan menggunakan SIM Smart yang menggunakan teknologi cip?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular