Senin, 16 Mei 2011

Rusia dan Indonesia Buka Penerbangan Langsung




Apakah temen-temen sudah tahu bahwa Indonesia dan Rusia buka Penerbangan langsung ? Biasanya Penerbangan Indonesia ke Rusia atau sebaliknya, selalu menggunakan Transit atau bertahap ke negara lain. Nah, awal Apil ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan perjanjian kerja sama angkutan udara (Air Service Agreement) dengan Kementerian Transportasi Rusia agar penerbangan maskapai dari kedua Negara dapat melakukan penerbangan secara langsung dan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.


Selama ini belum ada maskapai Indonesia yang terbang langsung ke Rusia, dengan adanya pembaruan (Air Service Agreement) ini, konsumen bisa langsung terbang ke Rusia. Pada dasarnya menurut Kemenhub, dalam penandatanganan tersebut, disepakati akan ada empat bandara dari kedua Negara yang akan menjadi penghubung. Penerbangan dari Indonesia akan dilakukan melalui Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Ngurah Rai, Bandara Sam Ratulangi, Bandara Adisumarmo. Sementara dari Rusia, maskapai akan diberi fasilitas pelayanan di Bandara Moskow, Bandara St Petersburg, Bandara Vladivostok dan Bandara Novosibrisk.


Dari maskapai Rusia, Aeroflot siap memberi fasilitas penerbangan regular langsung dari Rusia ke Indonesia. Adapun untuk maskapai Indonesia sampai saat ini belum ada yang menyatakan minatnya untuk terbang langsung ke Rusia.


Pada dasarnya sudah siap, mereka tinggal kapan akan mulai terbang dan rute penerbangan mana saja yang akan mereka pilih, itu kesepakatan dari segi B2B (Business to Business). Sedangkan pemerintah hanya mengatur perizinan penerbangan. Selama ini angkutan udara dilayani oleh maskapai Transaero untuk penumpang Indonesia-Rusia. Maskapai menyediakan rute penerbangan Denpasar-Moskow lima kali seminggu dalam pemakain delapan unit pesawat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular