Rabu, 18 Mei 2011

Eropa Sepakat Dana Bailout Sistem Keuangan



Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang dana bailout, menurut Perspektif anda apa yang dimaksud dengan bailout? Baik menurut saya, “bailout adalah dana talangan yang digunakan untuk menstabilisasikan perekonomian dalam sebuah Negara yang mengalami krisis perekonomian yang Fundamental yang berdasarkan kesepakatan jangka panjang dengan adanya jaminan antara kedua belah pihak atau lebih”. Negara di Eropa mayoritas mata uangnya adalah euro, zona euro harus menyediakan dana 80 miliar euro yang dicicil selama lima tahun. Selain itu akan ada 620 miliar euro sebagai jaminan.


Para pemimpin Eropa akhirnya menyepakati Restrukturisasi dana talangan atau bailout sistem keuangan, yang diharapkan mnyelesaikan krisis utang yang masih menjerat di kawasan Eropa. Negara-negara Eropa akan mengimpun dana tetap darurat sebesar 700 miliar euro atau sekitar US$ 992.57 miliar pada 2013 dalam mekanisme Stabilitas Eropa untuk menolong anggota yang tertimpa Problematika.


Berdasarkan kesepakatan sesuai kebijakan perekonomian yang Komprehensif, sementara itu Bank Sentral Eropa (European Central Bank) ECB menyiapkan fasilitas likuiditas bagi perbangkannya dalam jangka panjang waktu lebih panjang. Hal ini ditujukan untuk menolong perbankan Irlandia yang masih didera krisis likuiditas. Menurut sumber Reuters, kebijakan baru itu memang ditujukan bagi perbankan Irlandia.


Berdasarkan ELA (Emergency Liquidity Assistance) Fasilitas Likuiditas Darurat, fasilitas ini diprediksikan akan mirirp program pembelian Obligasi oleh ECB. Dengan jangka waktu hingga 10 tahun, diharapkan kekhawatiran pasar akan berkurang walaupun awalnya ditujukan bagi perbankan di Irlandia.programnya tersebut akan terbuka bagi seluruh Zona Euro.


Tahun lalu, dana talangan dari kelompok Negara Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) gagal menyelesaikan krisis perbankan Irlandia. Segmentasi Likuiditas menyebabkan perbankan Negara itu sangat tergantung pada bank sentral. Sebanyak enam bank lokalnya diperkirakan memiliki outstanding pinjaman ECB dan Bank Sentral Irlandia di akhir Februari. Sekelas IMF tidak mampu menangani krisis di sebuah Negara termasuk Negara Eropa yang notabennya Negara “Kaya”. Menurut Perspektif anda seperti apa menangani kasus ini?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular