Senin, 16 Mei 2011

Siapakah Pengganti Sang Diktator ?



Sebelum membaca Artikel ini apakah teman-teman sudah tahu apa arti dari Diktator? Teman-teman sudah tahu siapakah Diktator dimuka bumi ini yang lagi panasnya diperbincangkan? mari kita intip di benua Afrika, ya pastinya temen-teman sudah pada tahu yaitu Moamar Khadafi dan dia adalah Presiden Libya. Dia adalah seorang Diktator yang memimpin Libya kurang lebih 3 Dekade 1 Dasawarsa atau 38 tahun lamanya. Nah sekarang siapa ya yang menggantikan Moamar Khadafi?


Setelah menggempur habis-habisan pasukan Oposisi, tanda kemenangan sudah di depan mata. Namun, sejak serangan udara pesawat tempur AS, Inggris dan Prancis membombardir Libya, kekuatan Pro Pemerintah melemah. Sebaliknya pasukan oposisi kembali menunjukan kekuatan mereka. Sebaliknya pasukan oposisi kembali melihatkannya kekuatan mereka. Beberapa kota yang semula direbut loyalitas Khadafi telah berpindah tangan ke kelompok antipemerintah. Nah mulai pertanda “Collapse” kekuatan sang Diktator kian menjadi-jadi.


Ditengah semakin terpukulnya pasukan pemerintah, banyak masyarakat mempertanyakannya termasuk saya. Siapakah pengganti sang Diktator ? dan sejumlah tokoh oposisi yang mencuat adalah Khalifa Hifter. Dia pernah menjadi perwira militer terkemuka pada pemerintah Khadafi. Namun, setelah pengalaman militer pahit di Chad, pada akhir tahun 1980-an, dia berbalik arah menentang Khadafi.


Untuk berlindung dari kejaran mantas an atasannya, Hifter meninggalkan Libya pada tahun 1990-an. Dia pun menetap di Virginia Amerika Serikat selama 2 Dekade atau 20 tahun. Belakangan ini terus menjalin hubungan dengan pasukan oposisi dan kembali ke tanah airnya untuk menggempur kekuatan pasukan loyalitas pemerintah. Hifter sangat terkenal di pasukan oposisi di Libya. Tokoh oposisi lainnya yang sangat berpengaruh adalah Mustafa Abdel Jalil, Mahmoud Jebril, Abdel Hafidz, Omar El-Hariri dan Ali Al-Essawi.


Abdel Jalil adalah mantan Menteri Hukum pada pemerintah Khadafi yang merupakan tokoh pendiri Dewan Transisi Nasional yang menentang Khadafi. Abdel-Hafidz adalah seorang pengacara kekuatan oposisi dan dia adalah Jubir Dewan Transisi Nasional. Mahmoud Jebril adalah teman dekat Abdel Jalil dan juga Ketua Dewan Transisi. Omar El-Hariri adalah yang pernah memimpin luar negeri Dewan Transisi Nasional juga memiliki peluang menggantikan Khadafi. Ali Al-Essawi adalah mantan mentri ekonomi, mantan menteri perdagangan dan mantan menteri investasi Libya dan menteri luar negeri Dewan Transisi Nasional sejak tahun 2011.


Dari 5 kadidat tersebut yang memiliki peluang menggantikan Khadafi, menurut perspektif dan paradigma teman-teman siapakah yang berhak menggantikan Moamar Khadafi ? Dan pantaskah Moamar Khadafi di turunkan dari jabatanya ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular