Minggu, 08 Januari 2012

Industri Boeing USA Akan Tertidur Selamanya

 
Salam Intelektual Muda,

Hai teman-teman, saya Ibrahim sudah lama saya vakum menulis arikel. Baik pertama-tama saya akan menulis artikel di dunia Politik, Ekonomi dan Militer. Teman-teman sudah pada tahu tentang pesawat Boeing militer USA ?? atau sudah pada tahu tentang pesawat Boeing buatan Amerika Serikat akan tertidur selamanya di akhir tahun pada kuartal IV di tahun 2013?? atau pesawat Boeing akan tetutup akibatkan krisis  globalisasi perekonomian Amerika Serikat pada kuartal IV di tahun 2013?? atau industri pesawat Boeing disebabkan untuk meminimilisasikan anggaran Amerika Serikat pada kuartal I tahun 2012 ?? itu semua adalah pertanyaan spekulasi dari saya. Baik saya akan menjelaskan lebih jelasnya informasinya tentang pesawat Boeing USA baik dari segi Politik, Ekonomi dan Militer.

Industri Boeing Co buatan Amerika Serikat di Wichita Kansas, tertidurnya industri penting Amerika Serikat dari segi Ekonomi dan Militer akan berencana menutup di akhir tahun 2013, ini sangat menggemparkan bagi saya dan terutama para pengamat Politisi, pengamat Militer, pengamat Ekonomi di panggung International.


Dibawah ini adalah gambar industri Boeing Co

 


Pabrik itu terpaksa akan tertidur pada akhir 2013 dengan alasan Boeing kesulitan dalam perakitan pesawat untuk keperluan militer AS setelah pemerintah memperketat anggaran pertahanan. Keputusannya membuat para Politisi dari Kansas berang. Mereka beranggapan Boeing omdo (omong doang) terhadap negara bagian tersebut. Para politisi itu berjanji akan membantu Boeing memenangkan kontrak dengan militer AS.

Setelah penutupan pabrik dan rasionalisasi sebagian karyawan dilakukan, Boeing akan memindahkan pekerja yang tersisa ke bengkel yang terletak di 3 negara bagian lainnya. Selama ini instalasi produksi Boeing di Wichita merupakan basis pembuatan perangkat transportasi udara global, sistem keamanan serta mendukung pasokan pesawat untuk Angkatan Udara Amerika. Di pabrik seluas 2 juta kaki persegi ini dirakit B-52 dan B-767. Jadi B-52 yang saya tahu adalah pesawat jet pengebom strategis untuk pertahanan dan peperangan serta B-767 yang saya tahu adalah pesawat tanker udara terbesar didunia dan bisa masuk beberapa kendaraan militer, coba anda bayangkan seperti tank, artileli dan mobil pengangkut rudal bisa masuk ke dalam B-767 ?



Dibawah ini adalah gambar B-52 jet bom



Dibawah ini adalah gambar B-767 tanker udara

 


Pabrik itu mempekerjakan 2.160 karyawan dan Associated Press mengabarkan rencananya akan memecat karyawan akan dimulai pada kuartal II tahun 2012. Kegiatan produksi dan modifikasi pesawat tanker B-767 akan dipindahkan ke Texas dan Oklahoma City. Sedangkan kegiatan pemeliharaan pesawat, fasilitas pendukung dan sarana rancangan pesawat masa depan dialihkan ke San Antonio.

Gubernur Kansas Sam Brownback menyatakan, pemindahan tersebut sangat mengecewakan karena dia dan beberapa pejabat Kansas telah bekerja keras untuk memenangkan kontrak pesawat tanker pengisi bahan bakar. Boeing pernah mengatakan, proyek tersebut akan membuat lapangan pekerjaan bagi 7.500 warga Kansas. Sementara Wakil Presiden Boeing, Mark Bass mengatakan, dalam 18 bulan terakhir pasar industri pertahanan telah berubah secara dramatis. Fasilitas produksi di Wichita Kansas tidak kompetitif karena biaya operasi dan ongkos tenaga kerja yang tinggi. Tapi ia menolak mengatakan berapa besar penghematan yang ditargetkan oleh perusahaan.

Presiden Barack Obama dan Kongres tahun lalu sepakat memangkas belanja pertahanan lebih dari 1 triliun dollar AS dalam satu dekade ke depan. Inilah salah satu indikator dari keputusan tersebut. Keputusan ini juga membuat para pemasok senjata bagi militer AS bersiap mengetatkan ikat pinggang. Mereka berusaha memangkas biaya sekaligus meningkatkan penjualan ekspor dan menjual lebih banyak barang kepada konsumen komersial.

Menurut Mark Bass, Wakil Presiden dan Manajer Umum pada bagian Pemeliharaan dan Modifikasi Boeing, ketika ada penurunan anggaran pertahanan terjadi juga perubahan prioritas pelanggan. Boeing telah memutuskan menutup pabriknya di Wichita untuk mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan daya saing.

Jadi pada kesimpulannya industri Boeing Co rencananya akan menutup pada kuartal IV tahun 2013 dengan alasan industri Boeing Co kesulitan dalam perakitan pesawat untuk keperluan militer AS setelah pemerintah memperketat anggaran pertahanan, itu baru berdasarkan spekulasi dan statement saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular