Jumat, 07 Januari 2011

Teknologi “Komputer Tablet” iPad


Komputer Tablet atau bisa disebut juga iPad memang cukup populer di Indonesia, bukan sekedar gaya atau mewah tetapi aplikasi bisnis cukup besahabat. iPad merupakan komputer yang seluruhnya berupa layar sentuh datar dan teknologi digital yang memungkinkan bagi user dalam menggunakan stilus atau pena digital untuk mengoperasikan keyboard virtual karena pada umumnya iPad tidak dilengkapi papan ketik atau keyboard.

Untuk user pebisnis yang sibuk dengan berbagai aktivitas, iPad memang lebih simpel dari pada laptop dan notebook. Dengan bentuknya yang lebih kecil dan dinamis, iPad merupakan pilihan tepat bagi user yang memiliki keperluan yang penting. Saat ini beredar di Indonesia sejumlah iPad, antara lain Dell Streak dan Galaxy Tab. Dell Streak adalah iPad produksi Dell dengan ukuran layar 5 inci untuk menarik minat pengguna yang mengiginkan gadget canggih berukuran tidak terlalu besar tetapi memiliki ukuran layar yang kondusif dan fleksibel.

Sementara Galaxy Tab merupakan keluaran Samsung memiliki layar 7 inci merupakan perangkat serbabisa yang mendukung aktivitas kerja, hiburan dan komunikasi pengguna. Galaxy Tab memiliki spesifikasi aplikasi permainan balap mobil dengan kecepatan tinggi, saat sedang bermain juga bisa membuka aplikasi lain pada saat bersamaan.

Dell Streak mengadopsikan teknologi layar sentuh dengan resolusi WVGA (800 x 480 piksel) dan kedalaman 16 juta warna yang cermelang dan tajam serta dibekali kemampuan multitasking dengan kelengkapan aplikasi perkantoran macam Office Document yang mampu mengubah maupun mengedit word ataupun excell dengan kecepatan pemrosesan data karena di dalam Dell Streak terdapat CPU Snapdragon 1Ghz sama dengan smartphone dari Google, yakni Google Nexus One. Dapat juga merekam video dengan kemampuan 30 fps dan speaker sama dengan smartphone lainya dan menyediakan memori RAM 512 Mb dengan media penyimpanan internal 2 Gb berbalut OS Android V 1.6 serta kamera resolusi tertinggi 5 megapiksel.

Galaxy Tab memiliki 2 kamera beresolusi 3 megapiksel dengan LED flash dan 1,3 megapiksel dan juga dapat digunakan konferensi video, selain ukurannya yang relatif kecil iPad dapat dibawa hanya dengan memasukan ke kantung celana dan iPad tidak perlu di shutdown dapat selalu aktif seperti telepon seluler.

Selain itu, aplikasi iPad Dell Stream dan Galaxy Tab juga dapat langsung menggunakan SIM card operator dan bisa menelpon juga. Dalam bisnis dan kebutuhan profesional pekerjaan, iPad juga dilengkapi aplikasi bisnisyang dapat digunakan untuk presentasi dan grafik terlebih dengan aplikasi layar sentuh.

Komputer Tablet buatan vendor lokal seperti Handroid Pad M1700. Perangkat produksi CSL Blueberry tersebut sudah merupakan paket dengan kartu SIM card perdana salah satu operator seluler, Handroid Pad M1700 memiliki ukuran layar 7 inci dan berplatform Android 2.2, iPad tersebut digunakan untuk menelpon dan berfungsi sebagai router sehingga bisa koneksi wi-fi.

Layar yang terdapat dalam Handroid PadM1700 cukup fleksibel digunakan untuk bermain game serta melihat video dan foto. Kemudian dalam bisnis bisa memasukan dokumen dam bentuk gambar dan suara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular