Kamis, 13 Januari 2011

Sejarah Korea Paska Perang Dunia II


Perang Korea saat ini masih terdengar, Bagaimana Respon Anda mengenai Korea?? Perang bukan hanya perang Politik saja, melainkan Perang Militer, Ekonomi, Industri Uranium. Paska Perang Dunia (PD) II, konflik itu melibatkan Korea Selatan, Amerika Serikat dan sekutu melawan Uni Soviet, Korea Utara dan China. Sekitar 2 juta warga Korea, 1 juta tentara China dan Korut, 30 ribu tentara AS, 400 ribu tentara Korsel, dan 1000 tentara Inggris tewas. Sekitar 3 tahun berperang berlangsung, pembicaraan damai 2pihak terus diupayakan. Pada tanggal 1953, genjatan senjata disepakati.

Perang korea adalah sebuah konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan, perang itu terjadi antara Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Inggris mereka yang memihak Korsel melawan komunis China dan Uni Soviet yang juga anggota PBB yang memihak Korut. Total tentara Korsel dan sekutu 1.207 juta sebaliknya Korut, Uni Soviet dan China 1.212 tentara. Perang pecah saat tentara rakyat Korut menyerang Korsel. Tujuan Korut menyerang untuk menangkap dan mengeksekusi Presiden Korsel Syngman Rhee yang juga komandan pasukan tentara Republik Korea.

Atas serangan itu, AS bertindak cepat dan mengajukan masalah itu ke PBB. Dalam beberapa jam, PBB langsung memperingatkan Korut untuk mundur. Namun Korut menolak sehingga PBB langsung mengeluarkan resolusi dan memberi bantuan militer kepada Korsel dipimpin Jenderal Douglas. Negosiasi genjatan senjata berlangsung 2 tahun sejak perang pecah, pada tahun 1952 Presiden AS Dwight Eisenhower berkunjung ke Korsel untuk mencari tahu bagaimana mengakhiri konflik Korea.

Setelah PBB menerima proposal perdamaian dari India untuk perang Korea setuju meletakan senjata pada tanggal 27 juli 1953. Dalam perjanjian itu, 2 negara yang berperang menetapkan demiliterized zone (DMZ). Untuk sesaat, Perang Korea terhenti meskipun belum ada perjanjian damai yang ditanda-tangani.


1 komentar:

bookmark

Share |

Entry Popular