Sabtu, 06 November 2010

Pascal Tutorial

Pascal adalah sebuah keharusan terstruktur bahasa pemrograman komputer, yang dikembangkan pada 1970 oleh Niklaus Wirth sebagai bahasa sangat cocok untuk pemrograman terstruktur. A derivatif yang dikenal sebagai Object Pascal dirancang untuk pemrograman berorientasi objek. Pascal adalah berdasarkan pada bahasa pemrograman ALGORITMA dan dinamai untuk menghormati matematikawan dan filsuf Blaise Pascal. Kemudian dikembangkan Wirth Modula-2 dan Oberon, bahasa yang mirip dengan Pascal.

Pada awalnya, bahasa Pascal adalah dimaksudkan untuk mengajarkan para siswa pemrograman terstruktur, dan generasi mahasiswa 'memotong gigi' di Pascal sebagai bahasa pengantar dalam kursus sarjana. Varian Pascal masih banyak digunakan saat ini, misalnya Free Pascal dapat digunakan dalam kedua 32 dan 64 bit format, dan segala jenis program Pascal dapat digunakan baik untuk pendidikan dan pengembangan piranti lunak.

Pascal, dalam bentuk aslinya, adalah bahasa prosedural murni dan termasuk array tradisional Algol-seperti struktur kontrol dengan kata-kata dilindungi undang-undang seperti jika, lalu, lain, sementara, untuk, dan seterusnya. Namun, pascal juga memiliki banyak fasilitas dan struktur data abstraksi lain yang tidak termasuk dalam Algol60 asli, seperti jenis definisi, catatan, pointer, enumerations, dan set. Konstruksi seperti berada di bagian warisan atau terinspirasi dari Simula67, Algol68, dan Niklaus Wirth AlgolW sendiri. Saya telah menulis tutorial pascal (bagaimana program komputer dengan pascal) tetapi sayangnya dalam bahasa Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular