Minggu, 17 Oktober 2010

Korsel Latihan Perang dengan 3 Negara

Korea Selatan memulai manuver latihan maritimnya bersama AS, Australia dan Jepang sebagai usaha memblokade perdagangan senjata penghancur massl atau disebut senjata Nuklir secara Ilegal ke negara-negara seperti Korea Utara dan Iran. Aktivitas Korsel ini mungkin saja dapat memicu amarah Korut. Manuver maritim Korsel hanya dilakukan satu hari, menandai partisipasi Korsel dalam inisiatif Keamanan Proliferasi.


Korut sebelumnya pernah memperingatkan bahwa mereka akan menganggap partisipasi Seoul dalam program tersebut sebagai deklarasi perang. Korut kerap kali mengeluarkan pernyataan setiap Korsel akan melakukan latihan militer bersama AS. Menurut Departemen Pertahanan Korsel, manuver kali ini melibatkan 10 kapal perang dan sejumlah helikopter di perairan Internasional diantara Korsel dan Jepang. Kapal-kapal tersebut datang sehari setelah Seoul menjadi tuan rumah.


Hubungan Korsel-Korut belum lagi membaik setelah Korsel menuduh Korut menenggelamkan kapal perangnya di perairan Korea Maret lalu. Peristiwa itu kembali menghambat pembicaraan penghentian aktivitas nuklir tahun lalu. Sampai saat ini Korut-Korsel masih berselisih dalam masalah tenggelamnya kapal perang Korsel dan senjata Nuklir tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular