Rabu, 20 Maret 2013

Perbedaan Audit Around The Computer Dengan Audit Through The Computer






Baik, saya akan menjelaskan perbedaan dan masing-masing contoh prosedur lembar kerja IT audit dari Audit Around The Computer dan Audit Through The Computer. Sebelum saya menjelaskan perbedaan dari Audit Around The Computer dan Audit Through The Computer, alangkah baiknya saya akan menjelaskan pengertian audit itu sendiri jadi Audit adalah suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara tertulis atau  lisan dengan melakukan pembuktiaan yang secara obyektif mengenai pernyataan-pernyataan, apakah sesuai dengan kriteria aktivitas dilapangan yang telah di tetapkan serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan pada tujuan tertentu.

      Audit Around The Computer dan Audit Through The Computer masuk dalam kategori audit sistem informasi dan lebih tepatnya masuk dalam metode audit, baik saya Muhammad Ibrahim Mulia akan menjelaskan masing-masing contoh prosedur lembar kerja IT audit.


A.        Audit Around The Computer

Menurut persepsi Muhammad Ibrahim Mulia saya sendiri Audit Around The Computer adalah pada umum hanya memeriksa dari sisi user saja dan pada masukan dan keluaran tanpa memeriksa lebih terhadap program atau sisitemnya, biasa dibilang audit dari sudut pandang black box. Contoh prosedur lembar kerja IT audit yaitu :

·         Sistem harus sederhana dan berorientasi pada system batch
Pada umumnya sistem batch komputer merupakan sutau pengembangan langsung dari sistem manual.
·         Melihat keefektifan biaya
Seringkali keefektifan biaya dalam Audit Around The Computer pada saat aplikasi yang digunakan untuk keseragaman keemasan dalam program software.
·         Auditor harus bersikap Userfriendly
Biasanya pendekatan sederhana yang berhubungan dengan audit dan dapat di praktekan oleh auditor yang mempunyai pengetahuan teknik tentang komputer.


B.        Audit Through The Computer

Menurut persepsi Muhammad Ibrahim Mulia saya sendiri Audit Through The Computer adalah dimana auditor selain memeriksa data masukan dan keluaran juga melakukan uji coba proses program dan sistemnya atau yang disebut white box, sehingga auditor tersebut merasakan sendiri langkah demi langkah pelaksanaan sistem serta mengetahui sistem bagaimana sistem dijalankan pada proses tertentu. Contoh prosedur lembar kerja IT audit yaitu :

·         Volume Input dan Output
Input dari proses sistem aplikasi dalam volume besar dan output yang dihasilkan dalam volume yang sangat besar dan luas. Pengecekan langsung dari system input dan output yang sulit dikerjakan.
·         Pertimbangan efisiensi
Karena adanya pertimbangan keuntungan biaya, jarak yang banyak dalam uji coba penampakan audit adalah biasa dalam suatu sistem.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular