Senin, 25 Juni 2012

PERAN PBB


TUGAS BAHASA INDONESIA 2
REVIEW JURNAL


Nama : Muhammad Ibrahim Mulia

Kelas : 3KA24

NPM : 11109147


PERAN PBB



1.     Jurnal

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkat PBB ( bahasa Inggris : United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial. Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama - dihadiri wakil dari 51 negara - baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.

Sejak didirikan pada tahun 1945 hingga 2011, sudah ada 193 negara yang bergabung menjadi anggota PBB, termasuk semua negara yang menyatakan kemerdekaannya masing-masing dan diakui kedaulatannya secara internasional, kecuali Vatikan. Selain negara anggota, beberapa organisasi internasional dan organisasi antar-negara mendapat tempat sebagai pengamat permanen yang mempunyai kantor di Markas Besar PBB, dan ada juga yang hanya berstatus sebagai pengamat. Palestina dan Vatikan adalah negara bukan anggota (non-member states) dan termasuk pengamat permanen (Tahta Suci mempunyai wakil permanen di PBB, sedangkan Palestina mempunyai kantor permanen di PBB).

Sekretaris Jenderal PBB saat ini adalah Ban Ki-moon asal Korea Selatan yang menjabat sejak 1 Januari 2007 , menggantikan Sekretaris Jendral terdahulu, yaitu Kofi Annan dari Ghana. Organisasi ini memiliki enam organ utama: Majelis Umum (majelis musyawarah utama),Dewan Keamanan (untuk memutuskan resolusi tertentu untuk perdamaian dan keamanan),Dewan Ekonomi dan Sosial (untuk membantu dalam mempromosikan kerjasama ekonomi, sosial internasional dan pembangunan), Sekretariat (untuk menyediakan studi, informasi dan fasilitas yang diperlukan oleh PBB), Mahkamah Internasional (organ peradilan primer), Dewan Perwalian (yang saat ini tidak aktif). Instansi Sistem PBB lainnya yang menonjol termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Program Pangan Dunia (WFP) dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF). Tokoh masyrakat PBB yang paling terkenal mungkin adalah Sekretaris Jenderal PBB, saat ini Ban Ki-moon dari Korea Selatan, yang mengambil jabatan itu pada tahun 2007, menggantikan Kofi Annan.

Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PBB, yang bertindak sebagai juru bicara de facto dan pemimpin PBB. Sekretaris Jenderal saat ini Ban Ki-moon, yang mengambil alih dari Kofi Annan pada tahun 2007 dan akan memenuhi syarat untuk pengangkatan kembali ketika masa jabatan pertamanya berakhir pada tahun 2011. Dibayangkan oleh Franklin D. Roosevelt sebagai moderator dunia, posisi ini ditetapkan dalam Piagam PBB sebagai kepala pegawai administrasi organisasi, tetapi Piagam juga menyatakan bahwa Sekretaris Jenderal dapat membawa ke perhatian Dewan Keamanan setiap masalah yang menurut pendapatnya dapat mengancam pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional, memberikan ruang lingkup yang lebih besar untuk posisi aksi di panggung dunia. 

Posisi ini telah berkembang menjadi peran ganda dari administrator organisasi PBB, dan seorang diplomat dan mediator menangani yang sengketa antara negara-negara anggota dan menemukan konsensus dalam menangani isu-isu global.

Sekretaris Jenderal diangkat oleh Majelis Umum, setelah direkomendasikan oleh Dewan Keamanan, setiap anggota yang dapat memveto, dan Majelis Umum secara teoritis dapat mengabaikan rekomendasi Dewan Keamanan jika suara mayoritas tidak tercapai, meskipun smapai sekarang hal ini tidak terjadi. Pada 1996, Dewan Keamanan mengadopsi seperangkat pedoman untuk proses seleksi yang dicetuskan oleh Duta Permanen Indonesia untuk PBB pada waktu itu, Nugroho Wisnumurti.

Pedoman Wisnumurti (Wisnumurti Guidelines) telah mempengaruhi proses seleksi, termasuk penggunaan surat suara berkode warna untuk memilih kandidat. Tidak ada kriteria khusus untuk jabatan tersebut, tetapi selama bertahun-tahun, telah diterima bahwa jabatan itu bisa dijabat untuk jangka satu atau dua dari lima tahun, dan akan diangkat pada dasar rotasi geografis, dan bahwa Sekretaris-Jenderal tidak berasal dari salah satu lima negara anggota tetap Dewan Keamanan.


1.1             Abstrak

Informasi perdamaian dunia internasional sangatlah penting untuk setiap manusia dan betapa signifikan peran PBB terhadap umat manusia dan makhkuk hidup. Tanpa adanya PBB maka tidak akan adanya kemerdekaan. Dengan adanya peran PBB maka kestabilan dunia mulai diterapkan dan kesejahteraan umat manusia.


1.2             Permasalahan

a.       Krisis perekonomian secara global
b.      Terjadinya peperangan tanpa alasan yang realistis
c.       Banyak anak telantar, kelaparan dan kekerasan pada anak
d.      Kesehatan yang tidak stabil pada makhluk hidup


1.3             Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pentingnya peran PBB terhadap dunia internasional untuk menjaga kestabilan dunia internasional dalam memperjuangkan kemerdekaan.


1.4             Subject
a.       Bagaimana mengurangi krisis perekonomian secara global ?
Salah satunya perlu adanya kerja sama antar Negara baik itu multinasional maupun internasional dan diharapkan bantuan pinjaman berupa materi atau jasa.
b.      Peperangan tanpa alasan yang realistis ?
Adanya 5 negara yang selalu menggunakan Hak Veto, dengan adanya Hak Veto kelima Negara ini seenaknya melakukan peperangan dengan kaitannya adanya teroris, politik, hukum, budaya dan lain-lain. Peperangan yang tidak realistis, seharunya tidak boleh berperang kecuali peperangan untuk menjaga kedamaian seperti tentara PBB mengawasi di perbatasan Palestina dan Israel.
c.       Bagaimana anak-anak di dunia hidup selayaknya ?
Hak anak-anak perlu diperjuangkan, salah satunya setiap Negara perlu menjaga keberlangsungan hidup anak-anak. Organisasi di internasional adalah UNICEF.
d.      Bagaimana menjaga kesehatan pada makhluk hidup ?
Menjaga keberlangsungan kesehatan pada setiap makhluk hidup terutama manusia.
Peran pada setiap Negara sangat vital untuk manusia tetap sehat, tumbuhan dan hewan tetap hidup agar tidak pu.nah


1.5             Alat Ukur

Menjaga kemerdekaan pada setiap Negara dengan adanya peran PBB


1.6             Teknik analisis
 
Peran PBB saangat vital terhadap peramaian dunia diberbagai dunia yang sudah bergabung sebanyak 193 negara mulai tahun 2011.


1.7            Hasil analisis

Peran PBB saangat vital terhadap peramaian dunia salah satunya menjaga kestabilan dunia internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular