Selasa, 01 Maret 2011

KEBUDAYAAN HINDU DAN BUDHA


Pada ke-3 dan ke-4 agama Hindu masuk ke Indonesia, khususnya ke Pulau Jawa. Perpaduan antara kebudayaan setempat dengan kebudayaan Hindu yang berasal dari India itu berlangsung ketentraman. Sekitar abad ke-5, ajaran Budha masuk ke Indonesia, khususnya ke Pulau Jawa. Agama/ajaran Budha dapat dikatakan terpandangan lebih maju dari pada Hindu, sebab Budha tidak membedakan adanya kasta-kasta dalam masyarakat dan lingkungannya.

Walaupun berbeda ajarannya kedua Agama itu menyebarluaskan dakwah khususnya di Pulau Jawa yang tumbuh dan berkembang secara damai dan sejahtera. Baik penganut Hindu maupun Budha melahirkan karya-karya budaya yang bernilai tinggi dalam seni bangunan/arsitektur, seni pahat, seni ukir maupun seni sastra, seperti tercermin dalam bangunan/arsitektur, relief-relief yang diabadikan dalam candi-candi di Jawa Tengah ataupun di Jawa Timur.

Candi-­candi yang dimaksud diantaranya Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Prambanan, Candi Kalasan (Jawa Tengah). Candi Badut, Candi Kidal, Candi Jago, Candi Singosari dan lain-lain khususnya di pulau JAWA. Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar dan termegah di Asia Tenggara, bahkan tercatat sebagai salah satu bangunan kuno, yang termasuk dalam 10 besar keajaiban dunia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular