LAPORAN AKHIR
JAVA
Muhammad Ibrahim Mulia
3KA24
JAVA
§ Logika Program “menu2”
·
/**
Menuliskan
awal dari blok komentar.
·
@(#)menu2.java
Bagian dari komentar dengan file menu2.java.
·
@author
ibrahim
Bagian dari komentar dengan penulis program adalah Ibrahim.
·
@version
1.00 2011/10/10
Bagian dari komentar dengan tanggal pembuatan program.
·
*/
Akhir dari blok komentar
·
import
javax.swing.*;
menjelaskan bahwa kita
mengimpor class JoptionPane membuat sebuah input dialog yang akan menampilkan dialog dengan
sebuah pesan.
·
public
class menu2
menandakan nama class yaitu menu2. Dalam Java, semua kode
seharusnya ditempatkan di dalam deklarasi class. kita melakukannya dengan menggunakan kata kunci class.
Sebagai tambahan, class menggunakan access specifier public, yang
mengindikasikan bahwa class kita mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang
lain pula package sifat suatu objek dengan nama file menu2.
·
{
awal dari sebuah blok inti
program.
·
public
static void main (String args[ ])
mengindikasikan nama suatu method
dalam class menu2 yang bertindak sebagai method utama. Method utama adalah titik
awal dari suatu program Java. Method diaskses semua
objek tanpa harus menciptakan objek terlebih dahulu dengan method main.
·
{
awal
dari sebuah blok inti program pembuatan menu2 yang baru.
·
menu2 menu = new menu2();
menu pada public class menu2
dengan membentuk menu2 yang baru.
·
}
akhir dari sebuah blok inti
program pembuatan
menu2 yang baru.
·
public menu2()
public menu2 bersifat Variabel
Global dan public ini adalah method dapat diaskses oleh semua objek.
·
{
awal
dari sebuah blok inti program pada menu2.
·
String menu =
JOptionPane.showInputDialog("==MENU== \n1. Biodata \n2. Segitiga \n3.
Deret \n4. EXIT\n\n masukan pilihan anda [1..4]");
membuat
sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan
tombol OK dan CANCEL seperti pada gambar. Hasil
dari dialog tersebut adalah String dan
disimpan ke dalam variabel menu.
·
int pil = Integer.parseInt(menu);
Hasil dialog tersebut
adalah Integer parseInt dan disimpan
ke dalam integer pil dan memanggil string menu .
·
switch(pil)
bagian dari sebuah kondisi
switch case yang pil.
·
{ case 1:
awal
dari sebuah blok inti program pada bagian case1
·
String nama = JOptionPane.showInputDialog("masukan
nama anda");
membuat
sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan
tombol OK dan CANCEL seperti pada gambar. Hasil
dari dialog tersebut adalah String dan disimpan
ke dalam variabel nama.
·
String npm =
JOptionPane.showInputDialog("masukan npm anda");
membuat
sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan
tombol OK dan CANCEL seperti pada gambar. Hasil
dari dialog tersebut adalah String dan
disimpan ke dalam variabel npm.
·
String kelas =
JOptionPane.showInputDialog("masukan kelas anda");
membuat
sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan
tombol OK dan CANCEL seperti pada gambar. Hasil
dari dialog tersebut adalah String dan
disimpan ke dalam variabel kelas.
·
String biodata = "Biodata Anda :\nNama
Anda = "+nama+"\nNPM Anda = "+npm+"\nKelas Anda =
"+kelas;
Hasil
dari dialog tersebut adalah String dan disimpan
ke dalam variabel biodata dengan menecetak dan memanggil nama, npm, kelas yang telah dibuat
pada input dialog JOptionPane.
·
JOptionPane.showMessageDialog(null, biodata);
message dialog, yang
menampilkan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti
pada gambar.
·
Break;
Selesai pemrosesan dari case1
·
case 2:
bagian case2
·
int alas =
Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukan alas"));
membuat
sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan
tombol OK dan Cancel seperti pada gambar. Hasil
dari dialog tersebut adalah Integer
parseInt dan disimpan ke dalam integer
alas.
·
int tinggi =
Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukan tinggi"));
membuat
sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan
tombol OK dan Cancel seperti pada gambar. Hasil
dari dialog tersebut adalah Integer
parseInt dan disimpan ke dalam integer
tinggi.
·
int luas= (alas*tinggi)/2;
proses perhitungan (alas dikali tinggi) dibagi 2 adalah hasil dari
integer luas
·
String segitiga = "alas =
"+alas+" \ntinggi = "+tinggi+" \nluas segitiga "+luas;
Hasil
dari dialog tersebut adalah String dan
disimpan ke dalam variabel segitiga dengan menecetak dan memanggil alas, tinggi, luas yang telah
dibuat pada input dialog JOptionPane.
·
JOptionPane.showMessageDialog(null, segitiga);
message
dialog, yang menampilkan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK
seperti pada gambar.
·
break;
Selesai pemrosesan
dari case2.
·
case 3:
bagian
case3
·
int
x =Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukan deret"));
membuat
sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan
tombol OK dan Cancel seperti pada gambar. Hasil
dari dialog tersebut adalah Integer
parseInt dan disimpan ke dalam integer
x.
·
for
(int y=1; y<=x; y++)
integer
y=1
merupakan inisialisasi dari variabel. Selanjutnya, kondisi
y ≤ x
diperiksa. Jika kondisi bernilai true pernyataan
di dalam for loop dieksekusi. Kemudian, ekspresi y++ dieksekusi bertambah 1 nilai y, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan
terhadap kondisi y
≤ x lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.
·
{
awal dari sebuah blok proses looping.
·
for
(int z=1; z<=y; z++)
integer
z=1
merupakan inisialisasi dari variabel. Selanjutnya, kondisi
z ≤ y
diperiksa. Jika kondisi bernilai true pernyataan
di dalam for loop dieksekusi. Kemudian, ekspresi z++ dieksekusi bertambah 1 nilai z, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan
terhadap kondisi z
≤ y lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.
·
{
awal dari sebuah blok proses mencetak.
·
System.out.print(+z);
mencetak 1 baris dan memanggil variabel z yang sudah diproses.
·
}
akhir dari sebuah blok proses mencetak.
·
System.out.println("
");
mencetak pindah baris.
·
}
akhir dari sebuah blok proses looping kedua.
·
for
(int i=x-1; i>=1; i--)
integer
i = x
- 1 merupakan inisialisasi dari variabel. Selanjutnya, kondisi i ≥ 1 diperiksa. Jika kondisi
bernilai true pernyataan di dalam for loop dieksekusi. Kemudian, ekspresi i-- dieksekusi
berkurang 1 nilai i,
lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan
terhadap kondisi i
≥ 1 lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.
·
{
awal dari sebuah blok proses looping kedua.
·
for
(int j=1; j<=i; j++)
integer
j=1
merupakan inisialisasi dari variabel. Selanjutnya, kondisi
j ≤ i
diperiksa. Jika kondisi bernilai true pernyataan
di dalam for loop dieksekusi. Kemudian, ekspresi j++ dieksekusi bertambah 1 nilai j, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan
terhadap kondisi j
≤ i lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.
·
{
awal dari sebuah blok proses mencetak.
·
System.out.print(+j);
mencetak 1 baris dan memanggil variabel j yang sudah diproses.
·
}
akhir dari sebuah blok proses mencetak.
·
System.out.println("
");
mencetak pindah baris
·
}
akhir dari sebuah blok proses looping kedua.
·
break;
Selesai
pemrosesan dari case3.
·
case 4:
bagian
case4
·
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Terima Kasih","Silahkan Exit",
membuat sebuah
message dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan
tombol OK seperti pada gambar dengan nilai null(kosong) dan
statement “Terima kasih” serta perintah “Silahkan Exit”.
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
membuat sebuah message dialog JOptionPane, yang
akan menampilkan dialog dengan sebuah
pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar
dengan pesan Informasi.
·
System.exit(0);
Keluar dari inti program.
·
break;
Selesai
pemrosesan dari case3.
·
default:
diluar pilihan dari menu.
JOptionPane.showMessageDialog(null,"salah
input","silakan pilih kembali",
membuat sebuah
message dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan
tombol OK seperti pada gambar dengan nilai null(kosong) dan
statement “salah input” serta perintah “Silahkan pilih kembali”.
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
membuat sebuah message dialog JOptionPane, yang
akan menampilkan dialog dengan sebuah
pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar
dengan pesan Informasi.
·
}
akhir dari sebuah blok inti pada sebuah case.
·
}
akhir dari sebuah blok inti
program pada menu2.
·
}
awal
dari sebuah blok inti program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar