Selasa, 20 November 2012

Laporan Akhir Java 3



LAPORAN AKHIR
JAVA


Muhammad Ibrahim Mulia
3KA24





JAVA

§  Logika  Program “menu2”
·         /**
Menuliskan awal dari blok komentar.
·         @(#)menu2.java
Bagian dari komentar dengan file menu2.java.
·         @author ibrahim
Bagian dari komentar dengan penulis program adalah Ibrahim.
·         @version 1.00 2011/10/10
Bagian dari komentar dengan tanggal pembuatan program.
·         */
Akhir dari blok komentar
·         import javax.swing.*;                   
menjelaskan bahwa kita mengimpor class JoptionPane membuat sebuah input dialog yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan.
·         public class menu2
menandakan nama class yaitu menu2. Dalam Java, semua kode seharusnya ditempatkan di dalam deklarasi class. kita melakukannya dengan menggunakan kata kunci class. Sebagai tambahan, class menggunakan access specifier public, yang mengindikasikan bahwa class kita mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula package sifat suatu objek dengan nama file menu2.
·         {
awal dari sebuah blok inti program.
·         public static void main (String args[ ])
mengindikasikan nama suatu method dalam class menu2 yang bertindak sebagai method utama. Method utama adalah titik awal dari suatu program Java.  Method diaskses semua objek tanpa harus menciptakan objek terlebih dahulu dengan method main.
·         {
awal dari sebuah blok inti program pembuatan menu2 yang baru.
·         menu2 menu = new menu2();
menu pada public class menu2 dengan membentuk menu2 yang baru.
·         }
akhir dari sebuah blok inti program pembuatan menu2 yang baru.
·         public menu2()
public menu2 bersifat Variabel Global dan public ini adalah method dapat diaskses oleh semua objek.
·         {
awal dari sebuah blok inti program pada menu2.
·         String menu = JOptionPane.showInputDialog("==MENU== \n1. Biodata \n2. Segitiga \n3. Deret \n4. EXIT\n\n masukan pilihan anda [1..4]");
membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK dan CANCEL seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel menu.

·         int pil = Integer.parseInt(menu);
Hasil dialog tersebut adalah Integer parseInt dan disimpan ke dalam integer pil dan memanggil string menu .
·         switch(pil)
bagian dari sebuah kondisi switch case yang pil.
·         { case 1:
awal dari sebuah blok inti program pada bagian case1
·         String nama = JOptionPane.showInputDialog("masukan nama anda");
membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK dan CANCEL seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel nama.
·         String npm = JOptionPane.showInputDialog("masukan npm anda");
membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK dan CANCEL seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel npm.
·         String kelas = JOptionPane.showInputDialog("masukan kelas anda");
membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK dan CANCEL seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel kelas.
·         String biodata = "Biodata Anda :\nNama Anda = "+nama+"\nNPM Anda = "+npm+"\nKelas Anda = "+kelas;
Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel biodata dengan menecetak dan  memanggil nama, npm, kelas yang telah dibuat pada input dialog JOptionPane.
·         JOptionPane.showMessageDialog(null, biodata);
message dialog, yang menampilkan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar.
·         Break;
Selesai pemrosesan dari case1
·         case 2:
bagian case2
·         int alas = Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukan alas"));
membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK dan Cancel seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah Integer parseInt dan disimpan ke dalam integer alas.
·         int tinggi = Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukan tinggi"));
membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK dan Cancel seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah Integer parseInt dan disimpan ke dalam integer tinggi.
·         int luas= (alas*tinggi)/2;
proses perhitungan (alas dikali tinggi) dibagi 2 adalah hasil dari integer luas
·         String segitiga = "alas = "+alas+" \ntinggi = "+tinggi+" \nluas segitiga "+luas;
Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel segitiga dengan menecetak dan  memanggil alas, tinggi, luas yang telah dibuat pada input dialog JOptionPane.

·         JOptionPane.showMessageDialog(null, segitiga);
message dialog, yang menampilkan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar.
·         break;
Selesai pemrosesan dari case2.
·         case 3:
bagian case3
·                         int x =Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukan deret"));
membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK dan Cancel seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah Integer parseInt dan disimpan ke dalam integer x.
·                         for (int y=1; y<=x; y++)
integer y=1 merupakan inisialisasi dari variabel. Selanjutnya, kondisi y ≤ x diperiksa. Jika kondisi bernilai true pernyataan di dalam for loop dieksekusi. Kemudian, ekspresi y++ dieksekusi bertambah 1 nilai y, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan terhadap kondisi y ≤ x lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.
·                         {
awal dari sebuah blok proses looping.
·                         for (int z=1; z<=y; z++)
integer z=1 merupakan inisialisasi dari variabel. Selanjutnya, kondisi z ≤ y diperiksa. Jika kondisi bernilai true pernyataan di dalam for loop dieksekusi. Kemudian, ekspresi z++ dieksekusi bertambah 1 nilai z, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan terhadap kondisi z ≤ y lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.
·                         {
awal dari sebuah blok proses mencetak.
·                         System.out.print(+z);
mencetak 1 baris dan memanggil variabel z yang sudah diproses.
·                         }
akhir dari sebuah blok proses mencetak.
·                         System.out.println(" ");
mencetak pindah baris.
·                         }
akhir dari sebuah blok proses looping kedua.
·                         for (int i=x-1; i>=1; i--)
integer i = x - 1 merupakan inisialisasi dari variabel. Selanjutnya, kondisi i ≥ 1 diperiksa. Jika kondisi bernilai true pernyataan di dalam for loop dieksekusi. Kemudian, ekspresi i-- dieksekusi berkurang 1 nilai i, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan terhadap kondisi i ≥ 1 lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.
·                         {
awal dari sebuah blok proses looping kedua.
·                         for (int j=1; j<=i; j++)
integer j=1 merupakan inisialisasi dari variabel. Selanjutnya, kondisi j ≤ i diperiksa. Jika kondisi bernilai true pernyataan di dalam for loop dieksekusi. Kemudian, ekspresi j++ dieksekusi bertambah 1 nilai j, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan terhadap kondisi j ≤ i lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.

·                         {
awal dari sebuah blok proses mencetak.
·                         System.out.print(+j);
mencetak 1 baris dan memanggil variabel j yang sudah diproses.
·                         }
akhir dari sebuah blok proses mencetak.
·                         System.out.println(" ");
mencetak pindah baris
·                         }
akhir dari sebuah blok proses looping kedua.
·                         break;
Selesai pemrosesan dari case3.
·         case 4:
bagian case4
·         JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terima Kasih","Silahkan Exit",
membuat sebuah message dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar dengan nilai null(kosong) dan statement “Terima kasih” serta perintah “Silahkan Exit”.
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
membuat sebuah message dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar dengan pesan Informasi.
·         System.exit(0);
Keluar dari inti program.
·         break;
Selesai pemrosesan dari case3.
·         default:
diluar pilihan dari menu.
JOptionPane.showMessageDialog(null,"salah input","silakan pilih kembali",
membuat sebuah message dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar dengan nilai null(kosong) dan statement “salah input” serta perintah “Silahkan pilih kembali”.
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
membuat sebuah message dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar dengan pesan Informasi.
·         }
akhir dari sebuah blok inti pada sebuah case.
·         }
akhir dari sebuah blok inti program pada menu2.
·         }
awal dari sebuah blok inti program.











 

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bookmark

Share |

Entry Popular