LAPORAN AKHIR
MATEMATIKA LANJUT
Nama : Muhammad Ibrahim Mulia
Kelas : 2KA24
NPM : 11109147
Kelompok : 3
Tanggal : 18-11-2010
LABORATORIUM SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2010
PASCAL
Bahasa Pascal pertama kali
dikembangkan sekitar tahun 1970 oleh NICLAUS WIRTH di Technical University,
Zurich-Swiss. Bahasa Pemrograman ini termasuk kategori High Level Language.
Instruksi-instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini sangat sistematis
dan terstruktur.
Mulai dari awal perkembangan hingga
saat ini banyak sekali jenis bahasa pemrograman, antara lain:
o Turbo Pascal
o Microsoft Pascal
o Apple Pascal
o UCSD Pascal
o Dsb
Struktur
dan Komonen Dasar Program Pascal
Judul Program PROGRAM nama-program;
Blok Program
Bagian Deklarasi
o Deklarasi Label LABEL nama
label;
o Deklarasi Konstanta CONST..................;
o Deklarasi Tipe TYPE.....................;
o Deklarasi Variabel VAR......................;
o Deklarasi Prosedur PROSEDUR nama prosedur;
..............................................;
o Deklarasi Fungsi FUNCTION nama
Fungsi;
..........................................;
Bagian pernyataan
Begin
(statement)
.................;
.................;
End.
Judul program sifatnya adalah optional
dan bila ditulis harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan
titik koma.
Bagian deklarasi digunakan bila di
dalam program digunakan pengenal (identifier). Identifier dapat berupa label,
konstanta, tipe, variabel, prosedur, dan fungsi.
§ Listing
Program
§ Logika Program
uses crt;
awal
mulai listing program pada pascal pada library turbo pascal.
type t = object
menunjukan
variabel t sebagai type objek.
m1, m2 : array [1..2,1..2] of integer;
m1
adalah matrik ke-1 dari array 1 sampai 2 dan m2 adalah matrik ke-2 dari array 1
sampai 2 dengan operator integer.
lok : array [1..4] of
integer;
menunjukan
lokasi dari bilangan integer dengan array 1 sampai 4.
procedure tampil;
procedure
tampil.
procedure input;
procedure
input.
procedure kali;
procedure
kali.
procedure determinan;
procedure
determinan.
procedure transporse;
procedure
transpose.
end;
akhir
Deklarasi Procedure, Array dan Object.
var m : t;
Deklarasi
Variabel m sebagai t type objek.
i,j,k,pil,b,c : integer;
Deklarasi
Variabel i,j,k,pil,b,c sebagai bilangan integer.
procedure t.input;
type
t sebagai object procedure input.
Begin
awal
listing program pada procedure.
clrscr;
membersikan
layar pada tampilan output.
writeln ('Input Matrik I');
mencetak
Input Matrik 1.
for i:= 1 to 2 do
untuk
i adalah 1 sampai 2 bagian dari proses looping.
Begin
awal
listing program pada proses looping.
for j := 1 to 2 do
untuk
j adalah 1 sampai 2 bagian dari proses looping.
Begin
awal
listing program pada Elemen Matrik 1.
write ('Elemen Matrik [',i,',',j,']:');
mencetak
Elemen i dan j pada Matrik 1.
readln (m1[i,j]);
membaca
Matrik 1 pada elemen i dan j.
end;
akhir
dari Elemen Matrik 1.
end;
akhir
dari looping pada Matrik 1.
gotoxy(35,1);writeln('Input Matrik II');
mencetak
Inputan Matrik 2 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 35 dan sumbu x= 1.
k:=2;
untuk
variabel k sama dengan 2.
for i:= 1 to 2 do
untuk
i adalah 1 sampai 2 bagian dari proses looping.
Begin
awal
listing program pada proses looping.
for j := 1 to 2 do
untuk
j adalah 1 sampai 2 bagian dari proses looping.
Begin
awal listing program pada Elemen Matrik 2.
gotoxy(35,k);
gotoxy
adalah titik koordinat sumbu y= 35 dan sumbu x= k.
inc (k);
dengan
increment sebagai k.
write ('Elemen Matrik [',i,',',j,']: ');
mencetak
Elemen i dan j pada Matrik 2.
readln (m2[i,j]);
membaca
Matrik 2 pada elemen i dan j.
end;
akhir
dari Elemen Matrik 2.
end;
akhir
dari looping pada Matrik 2.
end;
akhir
dari type t sebagai object procedure input.
procedure t.tampil;
type
t sebagai object procedure tampil.
begin
awal
listing program pada procedure.
writeln;
mencetak
1 baris.
writeln('** Matrik I **');
mencetak
Matrik 1.
writeln (m1[1,1]:5,m1[1,2]:5);
mencetak
m1 pada baris 1 dan kolom 1 serta baris 1 dan kolom 2.
writeln (m1[2,1]:5,m1[2,2]:5);
mencetak
m1 pada baris 2 dan kolom 2 serta baris 1 dan kolom 2.
gotoxy(35,7);writeln('**Matrik II**');
mencetak
Matrik 2 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 35 dan sumbu x= 7.
gotoxy(35,8);writeln(m2[1,1]:5,m2[1,2]:5);
mencetak
m2 baris 1 dan kolom 1 serta baris 1 dan kolom 2 pada gotoxy adalah titik
koordinat sumbu y= 35 dan sumbu x= 8.
gotoxy(35,9);writeln(m2[2,1]:5,m2[2,2]:5);
mencetak
m2 baris 2 dan kolom 2 serta baris 1 dan
kolom 2 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 35 dan sumbu x= 1.
readln;
membaca
Matrik 1 dan Matrik 2.
end;
akhir
dari type t sebagai object procedure tampilan.
procedure t.kali;
type
t sebagai object procedure kali.
begin
awal
listing program pada procedure.
gotoxy(26,12);writeln('Hasil Perkalian Matrik');
mencetak
hasil perkalian Matrik pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 26 dan sumbu
x= 12.
lok[1] := m1[1,1]*m2[1,1] + m1[1,2]*m2[2,1];
lokasi
1 untuk m1 baris 1 kolom 1 dikali m2 baris 1 kolom 1 ditambah m1 baris 1 kolom
2 dikali m2 baris 2 kolom 1.
lok[2] := m1[1,1]*m2[1,2] + m1[1,2]*m2[2,2];
lokasi
2 untuk m1 baris 1 kolom 1 dikali m2 baris 1 kolom 2 ditambah m1 baris 1 kolom
2 dikali m2 baris 2 kolom 2.
lok[3] := m1[2,1]*m2[1,1] + m1[2,2]*m2[2,1];
lokasi
3 untuk m1 baris 2 kolom 1 dikali m2 baris 1 kolom 1 ditambah m1 baris 2 kolom
2 dikali m2 baris 2 kolom 1.
lok[4] := m1[2,1]*m2[1,2] + m1[2,2]*m2[2,2];
lokasi
4 untuk m1 baris 2 kolom 1 dikali m2 baris 1 kolom 2 ditambah m1 baris 2 kolom
2 dikali m2 baris 2 kolom 2.
gotoxy(32,14);writeln(lok[1]:5,lok[2]:5);
mencetak
lokasi 1 dan lokasi 2 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 32 dan sumbu
x= 14.
gotoxy(32,16);writeln(lok[3]:5,lok[4]:5);
mencetak
lokasi 3 dan lokasi 4 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 32 dan sumbu
x= 16.
readln;
membaca
perkalian Matrik pada Matrik1 dan Matrik2.
end;
akhir
dari type t sebagai object procedure kali.
procedure t.determinan;
type
t sebagai object procedure determinan.
begin
awal
listing program pada procedure.
gotoxy(28,11);writeln('Determinan Matriks');
mencetak
hasil perkalian determinan Matrik pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y=
28 dan sumbu x= 11.
writeln;
mencetak
1 baris.
lok[1] := m1[1,1] * m1[2,2];
lokasi
1 untuk m1 baris1 kolom1 dikali m1 baris2 kolom2.
lok[2] := m1[1,2] * m1[2,1];
lokasi
2 untuk m1 baris1 kolom2 dikali m1 baris2 kolom1.
lok[3] := m2[1,1] * m2[2,2];
lokasi
3 untuk m2 baris1 kolom1 dikali m2 baris2 kolom2.
lok[4] := m2[1,2] * m2[2,1];
lokasi
4 untuk m2 baris1 kolom2 dikali m2 baris2 kolom1.
b:=lok[1] - lok[2];
untuk
b samadengan lokasi 1 dikurang lokasi 2.
c:=lok[3] - lok[4];
untuk
c samadengan lokasi 3 dikurang lokasi 4.
gotoxy(27,12);writeln('Determinan Matriks I:',b);
mencetak
determinan Matrik1 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 27 dan sumbu x=
12.
writeln;
mencetak
1 baris.
gotoxy(27,14);writeln('Determinan Matriks II:',c);
mencetak
determinan Matrik2 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 32 dan sumbu x=
14 .
readln;
membaca
determinan Matrik pada Matrik1 dan Matrik2.
end;
akhir
dari type t sebagai object procedure determinan.
procedure t.transpose;
type
t sebagai object procedure transpose.
begin
awal
listing program pada procedure.
gotoxy(6,10);writeln('Hasil Transporse Matrik I');
mencetak
hasil transpose Matrik1 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 6 dan sumbu
x= 10.
lok [1] := m1[1,1];
untuk
lokasi 1 samadengan m1 baris1 kolom1.
lok [2] := m1[2,1];
untuk
lokasi 2 samadengan m1 baris2 kolom1.
lok [3] := m1[1,2];
untuk
lokasi 3 samadengan m1 baris1 kolom2.
lok [4] := m1[2,2];
untuk
lok4 samadengan m1 baris2 kolom2.
gotoxy(12,12);writeln(lok[1]:5,lok[2]:5);
mencetak
lokasi 1 dan lokasi 2 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 12 dan sumbu
x= 12.
gotoxy(12,13);writeln(lok[3]:5,lok[4]:5);
mencetak
lokasi 3 dan lokasi 4 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 12 dan sumbu
x= 13.
gotoxy(42,10);writeln('Hasil Transporse Matrik II');
mencetak
hasil transpose Matrik2 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 42 dan
sumbu x= 10.
lok [1] := m2[1,1];
untuk
lokasi 1 samadengan m1 baris1 kolom1.
lok [2] := m2[2,1];
untuk
lokasi 2 samadengan m1 baris2 kolom1.
lok [3] := m2[1,2];
untuk
lokasi 3 samadengan m1 baris1 kolom2.
lok [4] := m2[2,2];
untuk
lokasi 4 samadengan m1 baris2 kolom2.
gotoxy (49,12);writeln (lok[1]:5,lok[2]:5);
mencetak
lokasi 1 dan lokasi 2.
gotoxy (49,13);writeln (lok[3]:5,lok[4]:5);
mencetak
lokasi 3 dan lokasi 4.
readln;
membaca
transpose Matrik pada Matrik1 dan Matrik2.
end;
akhir
dari type t sebagai object procedure transpose.
Begin
awal
listing program pada menu.
Repeat
mengulang.
Clrscr;
membersikan
layar pada tampilan output
gotoxy(25,1);writeln('|***Menu Matrik***|');
mencetak
MENU MATRIK pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 25 dan sumbu x= 1.
gotoxy(25,2);writeln('|1.Input Matrik |');
mencetak
1.Inputan Matrik pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 25 dan sumbu x= 2.
gotoxy(25,3);writeln('|2.Perkalian Matrik |');
mencetak
2.Perkalian Matrik pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 25 dan sumbu x=
3.
gotoxy(25,4);writeln('|3.Determinan Matrik|');
mencetak
3. Determinan Matrik pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 25 dan sumbu
x= 4.
gotoxy(25,5);writeln('|4.Transporse
Matrik |');
mencetak
4. Transpose pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 25 dan sumbu x= 5.
gotoxy(25,6);writeln('|5.Keluar |');
mencetak
5.Keluar pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 25 dan sumbu x= 6.
gotoxy(25,7);writeln('|****************|');
mencetak
bintang pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 25 dan sumbu x= 7.
gotoxy(29,8);write('Pilihan [1..4] :');
mencetak
pilihan 1 sampai 4 pada gotoxy adalah titik koordinat sumbu y= 32 dan sumbu x=
14.
readln (pil);
membaca
pil.
case pil of
panggilan
dari pil.
1 : begin
awal
listing program pada procedure input dan tampil.
m.input;
type
m sebagai object procedure input.
m.tampil;
type
m sebagai object procedure tampil.
end;
akhir
type m sebagai object procedure input dan tampil.
2 : m.kali;
type
m sebagai object procedure kali.
3 : m.determinan;
type
m sebagai object procedure determinan.
4 : m.transporse;
type
m sebagai object procedure transpose.
end;
akhir
type m sebagai object procedure tambah kurang.
until (pil) = 5;
hingga
pil sama dengan 4.
end.
memberhentikan
sebuah Program.
thank u gan postingannya :D
BalasHapus